Penarikan Mahasiswa PPL STAIN Jurai Siwo Metro

Setelah menjalankan tugas sebagai Mahasiswa PPL STAIN Jurai Siwo Metro di MAN 1 Metro Lampung Timur selama 39 hari, dari tanggal 2 feb 2011 , hari ini jum’at 11 maret 2011 ditarik kembali ke Kampus. Acara penarikan mahasiswa berlangsung di R Guru  MAN 1 Metro  oleh DPL Drs. Bahuji, M.Ag, yang dikuti Drs. H.Luthfie Aziz HF selaku Kepala MAN 1 Metro, guru-guru MAN 1 Metro beserta Staf bersama dengan 8 mahasiswa PPL yaitu Abdul Somad, Indra B, Selvi, Andi C, Neneng H, Etika L, Dian serta Siska.

“Selama pelaksanaan PPL mahasiswa tersebut nampak kecerdasan mereka. Karena selama pelaksanaan PPL tidak ada mahasiswa yan bertanya pada guru pamong”, ujar Santoso, S.Ag selaku wakil guru pamong dalam acara sambutan pelepasan.

Waktu PPL yang pendek dengan harapan hasil yang maksimal, tentu perlu kerja keras. Barangkali ke depan dapat dipikirkan dengan waktu yang agak panjang dengan titik berat mencari pengalaman di sekolah yang lebih luas. Tidak hanya praktek mengajar, tetapi sebagai seorang guru/pendidik/pembimbing/administrator . Kegiatan berkaitan dengan tugas-tugas seorang guru tentu tidak hanya mengajar. Bisa saja seorang guru diberi tugas tambahan sebagai kepala Lab. IPA, Pembina KIR, Pembina PMR, pembina Olimpiade, Pembina Pramuka, dsb. sehingga diperlukan paling tidak mengenal kegiatan yang ada di suatu sekolah. Untuk itu diperlukan waktu agak panjang.

Selama melaksanakan kegiatan PPL para mahasiswa tersebut melaksanakan tugas dengan baik, dengan harapan akan menjadi tenaga-tenaga pendidik yang profesional. Walaupun praktek hanya sebentar, diharapkan mendapatkan pengalaman yang memadai, sebagai bekal untuk terjun dimasyarakat kelak sebagai seorang “guru” =(digugu dan ditiru). Seorang pendidik juga harus mempunyai etika ,sopan santun, karena akan berhadapan langsung dengan anak didik serta terjun berhadapan dengan masyarakat di lingkungannya.

 

Leave a comment